Monday, April 11, 2016

LIFEHACK YANG BISA DILAKUKAN MENGGUNAKAN SMARTPHONEMU

BellGadget- Lifehack, pasti beberapa orang pernah mendengar kata tersebut, tapi apa sih sebenarnya arti dari lifehack itu. Setahu BellGadget kata ini merupakan perpaduan dari Life = Hidup dan Hack = Memotong/Menembus. Berdasarkan kamus English definisi Lifehack adalah Make one’s day-to-day activities more efficieant. Yang intinya lifehack membuat aktivitas sehari-hari kita lebih efisien. Misalkan bagaimana cara melipat baju dengan cepat, cara membuka makanan kaleng tanpa alat, cara memperbaiki resleting yang rusak dll.
Masih berhubungan dengan cara meng-Hack Hidup, pada postingan kali ini BellGadget akan membahas Lifehack yang bisa gansis terapkan pada Smartphone. Dimana smartphone dipakai sedemikian rupa sehingga memudahkan kita dalam beraktifitas. Bukannya Smartphone dibuat untuk memudahkan usernya? Lifehack pada Smartphone disini dimaksudkan memaksimalkan potensi yang ada di HP yang bisa dimanfaatkan usernya dalam keadaan kepepet atau terpaksa.


Berikut adalah beberapa Lifehack yang bisa dilakukan menggunakan Smartphone:

1. Membuat Lampu dengan memanfaatkan fitur Flash/Senter
Bagi gansis yang hobinya camping dan ber my trip my adventure, kemudian lupa membawa lampu untuk penerangan. Saatnya untuk manfaatkan smartphone gansis untuk tujuan mulia ini. Bahan yang diperlukan sederhana sekali. Siapkan botol air mineral yang terisi penuh air (lepas label merk biar tidak ada penghalang). Berikutnya nyalakan Flash/Senter di Smartphone dan taruh botol tadi tepat di atas sinar flash berasal. Voila dalam sekejap tenda yang gelap sudah diterangi dengan lampu dari botol minuman.
Cara ini juga bisa dipakai jika terjadi lampu padam di rumah, sementara stok lilin habis. Tapi perlu diingat gansis penggunan Flash di Smartphone secara berlebih bisa menyebabkan HP overheat/kepanasan, so gunakan dengan bijak.



2. Mengecas Smartphone Menggunakan TV
Kadang dikala kita sedang berpergian ke suatu tempat dan kondisi baterai Smartphone dalam kondisi kritis, sementara di sekitar tidak ada stop contact yang tersedia misalkan ada semua sudah terisi.
Gansis bisa memanfaatkan TV untuk mengecas HP (dalam kondisi kepepet tentunya). TV layar datar sekarang ini sudah difasilitasi dengan colokan USB yang bisa terkoneksi dengan Flashdisk untuk memutar media di dalamnya. Dengan menggunakan colokan USB tadi sudah cukup memberikan daya 5 volt untuk mencas HP, tinggal sediakan saja kabel data dan tancap.
Ingat cara ini hanya BellGadget anjurkan dalam kondisi terpaksa, alahkan baiknya jika mencas HP memakai Charger bawaan yang sesuai.

3. Membesarkan Volume Suara HP dengan Gelas
Jika gansis termasuk makhluk yang susah bangun dengan menggunakan alarm merdu dan merasa nada peringatan kurang keras untuk membuka mata, silahkan coba Lifehack berikut ini. Siapkan gelas kosong (ingat sekali lagi gelas kosong) dan taruh Smartphone gansis di dalamnya. Ketika alarm berbunyi dipastikan suara yang dihasilkan akan jauh lebih keras dari sebelumnya, belum lagi efek surround yang keluar. Cara ini juga cocok untuk mendengarkan musik jika tidak mempunyai Speaker terpisah. Selamat mencoba, ingat gelas kosong.


4. Gunakan Kamera Smartphonemu Sebagai Obat Pikun
Terkadang kita sering lupa terhadap suatu hal, misal daftar belanjaan yang harus dibeli, dimana lokasi tempat parkir kendaraan, Teks pidato yang harus dihafal dan hal lainnya yang sering terlupa. Dan jangan lupa dokumen-dokumen berisi informasi penting,  ini juga sering kali terlupa.
Jika gansis terlalu malas untuk menulis segala sesuatunya di note Smartphone (daftar belanja dll). Manfaatkan saja kamera HP, misalkan sebelum belanja buka kulkas dulu kemudian cekrek, sebelum keluar parkiran Cekrek dulu lokasi kendaraan, catatan penting juga boleh tuh di cekrek. Intinya manfaatkan kamera tadi sebagai pengingat, misalkan kita lupa tinggal buka galeri saja dan selesai.
Lupa lokasi mantan terakhir dimana? Cekrek

5. Kombinasikan Jaringan Data & WiFi Untuk Download Supercepat
Jika gansis dianugerahi dengan wifi dan data berlimpah sedangkan disisi lain merasa keduanya terasa lambat dalam mendownload sesuatu. Kenapa tidak memakai sistem Gotong Royong? Betul gansis jika dirasa proses download lewat wifi terasa lambat atau jaringan data yang kurang cepat. Menggunakan keduanya secara bersamaan bisa mempercepat proses download, sruput kopi sekali dua kali hasil download sudah selesai. Selamat mencoba.

6. Temukan Charger dalam Gelap
Posisi smartphone lowbat sementara kondisi kamar gelap dan kita tidak tahu dimana tepatnya si charger berada. Jika gansis terbiasa tidur bergelap-gelapan dan pengen dengan seketika menemukan Charger tanpa harus memisscallnya, cek cara sederhana ini. Tempel charger gansis dengan sticker/Cat yang menyala dalam gelap, bisa juga menggunakan vernis kuku. Voila charger akan mudah ditemukan.
Cara ini tidak diperlukan jika gansis tipe orang yang tertata dan tertib dalam menaruh barang ditempatnya.

7. Selalu Screenshot Rute Perjalanan
Bagi gansis yang hobinya touring dan travelling ke tempat/lokasi baru yang sama sekali belum hafal daerahnya. Dimana GPS dan Peta online merupakan teman seperjalanan. Apa jadinya jika tempat yang dituju tidak memiliki jaringan yang baik untuk membuka peta online (dengan catatan tidak ada aplikasi map offline), maka lakukan screenshot peta online sebelum melakukan perjalanan. Screenshot sampai lokasi tujuan ini bisa dibuka lewat galeri jika jaringan mulai hilang.

Demikian tadi beberapa lifehack yang bisa dilakukan dengan Smartphone kesayangan, semoga bisa memudahkan kita semua dalam beraktivitas. Selamat mencoba dan selamat bertualang

1 comment:

  1. 2021 ford escape titanium hybrid - iTanium-arts
    2021 ford stilletto titanium hammer escape micro touch titanium trim titanium hybrid. Discover the titanium blue benefits and 2020 edge titanium drawbacks of wearing a titanium or ceramic flat iron new electric chair and getting the chance to test your new favorite games.

    ReplyDelete