Thursday, April 14, 2016

Tips & Trik Android Marshmallow Yang Patut Dicoba

BellGadget- Android Marshmallow memang sejak Oktober 2015 wari-wiri di dunia smartphone. Menawarkan fungsi dan fitur yang lebih baik sekaligus penyempurna dari Lollipop.
Update ini pertama kali diterapkan pada proyek Nexus dan Android One kemudian disusul oleh produk-produk flagship dari pabrikan ternama.
User android yang termasuk kloter pertama dalam mendapatkan update Marshmallow pastinya sudah banyak tahu dengan tips dan trik tentangnya.
Tetapi bagi gansis yang baru saja mendapatkan update dan merasakan lembutnya Marshmallow di smartphone kesayangan bolehlah melanjutkan membaca postingan BellGadget kali ini.Tips dan Trik berikut dimaksudkan untuk mengetahui lebih dalam fitur apa saja yang tersembunyi dalam si M.



Berikut adalah beberapa Tips dan Trik yang perlu diketahui dari Marshmallaw.
1. Uninstall Aplikasi Langsung dari Homescreen atau App Drawer
Sekarang user bisa langsung menghapus instalan aplikasi langsung dari Homescreen ataupun dari app drawer. Caranya dengan menekan agak lama icon aplikasi yang diinginkan, nanti akan muncul di bagian atas pilihan uninstall atau remove di homescreen dan uninstall atau app info jika dari drawer. Arahkan saja aplikasinya ke pilihan tadi. User tidak direpotkan lagi harus masuk ke pengaturan dan lain-lain.


Bagi user yang terbiasa memakai launcher selain Google Launcher, sudah terbiasa dengan poin ini. Versi android yang mendapat permak dari pabrikan biasanya juga sudah menerapkan fungsi ini dari awal dan tidak perlu nunggu Marshmallow.

2. Mengaktifkan Developer Options
Banyak user android sudah paham betul dengan Developer Options, karena memang bukan hal yang baru di android. Untuk memunculkan opsi ini di Marshmallow pergi ke setting > about phone dan tekan build number sebanyak 7x sampai muncul tulisan “You are now a developer”. Selamat anda secara resmi dinyatakan sebagai seorang Developer.
Opsi Developer berada tepat di atas About Phone. Dari opsi developer ini user bisa mengakses USB Debugging, OEM Unlocking, tweak animations dan lain sebaginya.

3. Mengijinkan App Persmission secara individu
Dengan Android Marshmallow user bisa mengatur app permission secara individu, tanpa paksaan dari pembuat aplikasi. Sebelum M muncul tiap kali menginstal suatu aplikasi akan muncul keterangan mengijinkan aplikasi untuk mengakses info di hp (contact, kamera, data, lokasi, galeri dll). Dengan fitur ini perijinan tadi bisa dilakukan secara individu.
Untuk mengaksesnya masuk ke setting > aplikasi dan pilih aplikasi yang diinginkan, kemudian pilih permission apa saja yang ingin diloloskan.
User juga dapat mengecek daftar perijinan yang sudah diloloskan pada masing-masing aplikasi. Dengan cara masuk ke setting > Apps, kemudian pilih icon gear dan tekan app permission.

4. Mengatur Quick Setting Menggunakan System UI Tuner
Untuk mengaktifkan fitur ini gulirkan layar dari atas ke bawah menuju menu Quick Settings menggunakan dua jari secara bersamaan. Tekan icon gear selama 5 detik. Akan muncul keterangan enable System Ui Tuner, pilih yes dan hasilnya akan muncul System Ui Tuner ketika sedang membuka setting (letaknya paling bawah setelah About Phone).
Dengan fitur ini user bisa menambahkan tiles dan mengatur letaknya dengan mudah.


Untuk menonaktifkannya, lakukan hal yang sama seperti diawal tadi (tahan icon gear selama 5 detik).

5. Mengenal lebih dekat dengan RAM Manager
Ram nyesek memang problem terbesar dari android tipe low end dengan kapasitas ram pas-pasan. Kudu pinter-pinter memanfaatkan Ram dengan mengakses manager RAM. Untuk masuk ke fitur ini pergi setting > memory > memory used by apps untuk melihat aplikasi apa saja yang memakan banyak RAM. Pilih salah satu aplikasi yang ingin dimatikan dan pilih Force Stop.

6. Menemukan Tab Aplikasi (Downloaded, Running, All dan Disabled)
Di versi android sebelumnya untuk mengecek aplikasi yang sedang berjalan dengan masuk ke settings > Apps. Di Marshmallow tampilannya sedikit berubah tidak lagi memunculkan tab downloaded, running, all dan Disabled.
Tab running apps sekarang menjadi Ram Manager, All dan Disabled ada di menu drop down.Tampilan bawaan dari Setting > Apps di Marshmallow sekarang menampilkan Semua aplikasi yang ada di HP.

7. Otomatisasi Link Terkait
Dengan Marshmallow memungkinkan suatu link dibuka dengan aplikasi yang terkait. Misalkan seseorang mengirimkan links Facebook, ketika link tersebut di klik maka akan langsung membuka aplikasi Facebook tanpa perlu memilih daftar aplikasi apa untuk membuka link tersebut.
Untuk melakukan hal ini masuk ke setting > Apps lanjutkan dengan memilih icon gear dan pilih App Links.

8. Mengabaikan Battery Optimizations
Fitur terbaru di android Marshmallow adalah Doze. Fitur ini menidurkan aplikasi yang tidak terpakai ketika HP dalam kondisi tidak terpakai. Tetapi jika gansis ingin membiarkan salah satu aplikasi tidak tertidur, silahkan pakai cara berikut.
Pergi setting > Battery pilih pilihan di pojok kanan atas tekan Battery Optimization. Lanjut dengan mimilih aplikasi apa yang tidak ingin di optimalkan.

9. Mengaktifkan Google Now dari Lock screen.
Diposisi terkunci android Marshmallow telah mengganti shortcut dialer dengan Google Now. Untuk mengaktifkannya dengan dengan menggulirkan layar dari bawah ke atas.

10. Menonaktifkan Notifikasi
Peringatan notifikasi dari aplikasi yang diinstal kadang mengganggu kesenangan user dalam berandroid. Notifikasi yang muncul ini bisa dinontaktifkan dengan menahan lama notif tadi kemudian pilih tanda seru yang akan membawa kepilihan penonaktifan.

11. Mengecek Easter Egg Marshmallow
Easter Egg android yang mulai diperkenalkan sejak Jelly bean memang secara fungsi tidak ada tetapi juga menyenengkan untuk dicoba.
Masuk ke setting > about phone tap terus di Version Number untuk membukanya. Di Lollipop akan muncul permen lolli dan jika ditahan lama akan menjadi game Flappy Bird versi Android.
Di Marshmallow jika melakukan cara yang sama akan memunculkan huruf M ketika di tap lagi aman muncul Marshmallow berantena. Tahan lama gambar tadi dan selamat bermain Flappy Marshmallow.


13. Mengakses File Manager
Sewaktu BellGadget mencoba Marshmallow tidak ada aplikasi File Manager di defaultnya. Ternyata si M hadir dengan File Manager (dengan fungsi sederhana) bawaan. Masuk ke setting > Storage & USB, silahkan bereksplorasi di kartu memori.

14. Bernavigasi (GPS) dengan Bantuan Bluetooth
Fungsi GPS kadang tidak maksimal berjalan baik, gunakan bluetooth untuk membantunya. Masuk ke setting > Location, pilih icon 3 titik di kanan atas lanjut dengan memilih scanning. Silahkan nyalakan Bluetooth Scanning atau sekalian Wi-fi Scanning untuk bernavigasi lebih baik.

Demikian tadi Tips dan Trik yang bisa langsung dipraktekkan, semoga dapat membantu gansis dalam mendalami Android Marshmallow. Perlu diingat  Android N juga mulai diperkenalkan oleh Google.
Selamat mencoba

Source : Via

No comments:

Post a Comment