Saturday, April 16, 2016

Review Lengkap Pemakaian GravityBox versi Android Marshmallow

BellGadget- Semua user pasti setuju bahwa salah satu keunggulan Android dibandingkan OS smartphone lainnya adalah kebebasan memodifikasi, mengkustomisasi, mengoprek, apapun itu istilahnya dimana tujuan utama untuk mengeluarkan potensi sebenarnya dari HP android itu sendiri. Dari sinilah muncul beberapa custom ROM yang menawarkan paket komplit kepada user mulai dari kinerja super, tampilan yang menarik, akses modifikasi yang mudah, dll.


Jika gansis sudah terlanjur cocok dengan performa dari Stock ROM (bawaan pabrik) tetapi ingin memoles sedikit dan menambahkan fitur yang belum ada bisa munggunakan Modul Xposed berikut ini.
GravityBox yang juga menyandang gelar All-In-One Tweak Box, merupakan Modul Xposed buatan suhu C3C076 dari padepokan XDA Developer. Diberi julugan All In One Tweak bukan tanpa alasan, karena GravityBox memang memberikan fungsi tweak yang sangat banyak sekali (ada 13 tweak utama untuk versi Marshmallow). Karena modul ini pula BellGadget masih betah dengan Stock Rom Marshmallow yang ada di HP.
GravityBox sudah melanglang buana di dunia android sejak versi JellyBean sampai sekarang. Begitu versi untuk Marshmallow dirilis, BellGadget langsung saja memasangnya di Smartphone kesayangan.

Perlu diingat GravityBox adalah aplikasi Modul Xposed yang baru bisa berjalan jika HP sudah terinstal Xposed Framework (perlu root) terlebih dahulu.

Berikut adalah Review BellGadget setelah memakai GravityBox versi MM, fokus utama review ini pada tweak-tweak yang ada.

Seperti dijelaskan di awal bahwa GravityBox menyediakan 13 tweak yang siap dinikmati berikut daftarnya:

1. Lockscreen Tweaks
Tweaks ini sesuai dengan namanya, memungkinkan user untuk memodifikasi Lockscreen. Tweak ini menawarkan beberapa pilihan antara lain:
  • Lockscreen Background, mengganti gambar background di lockscreen sesuai dengan keinginan, ada juga pengaturan Blur, Background Opacity.
  • Shortcut (menampilkan sampai 6 slot aplikasi)
  • Enable Lockscreen Rotation (dalam posisi locksreen layar bisa berotasi)
  • Show Pattern Error (menunjukkan tanda merah jika ada kesalahan pola kunci)
  • Enable Menu Key (memungkinkan membuka kunci dengan menekan tombol menu khusus untuk HP yang mempunyai hardware key semisal samsung)
  • Quick Unlock (membuka cepat kunci dengan memasukkan PIN/Password)
  • Direct Unlock (menunjukkan security challenge ketikan layar menyala), coba mengaktifkan ini tapi tidak ada efek berarti atau mungkin BellGadget miss something.
  • Smart Unlock (membuka kunci secara otomatis ketika Smart Lock policy mendetek kondisi yang terpercaya)
  • Imprint Mode (pilihan antara membangunkan sekaligus membuka kunci)
  • Double-Tap to Sleep (pilihan untuk mematikan/menidurkan dengan dua kali tap)
  • Custom Carrier Text (Merubah tulisan operator sesuai keinginan)
Damn baru satu tweak saja sudah banyak sekali opsinya. Lanjut

2. Statusbar Tweaks
Sesuai namanya Tweaks satu ini memungkinkan user untuk bermain-main di area status bar (baris paling atas). Disini juga banyak sekali pilihan tweak antara lain:
  • QuickSettings Management, banyak pilihan disini mulai dari menyatur susunan tile, setting per tile, jumlah tile yang ditampilkan dan lain sebagainya, silahkan gansis eksplorasi lebih lanjut.
  • Signal Cluster Setting, berhubungan dengan signal mulai dari menunjukkan aktivitas data baik lewat wifi atau jaringan data, memunculkan indikator H+, LTE/4G, menghilangkan icon No SIM
  • Statusbar Colors, user bisa merubah warna statusbar dengan hanya mengaktifkan fitur ini dan pilih warna yang disukai (BellGadget lebih suka warna defaultnya yaitu putih)
  • Notification Drawer Style, memungkinkan user untuk mengganti backgroun gambar di Notification Drawer, mengatur transparasi dll.
  • Notification Heads Up, BellGadget belum pernah mengaktifkan fitur ini. Fitur ini mengaktifkan fungsi extended Heads Up
  • Battery Settings, user bisa mengganti gaya tampilan baterai (stock, persentasi, lingkar, titik2 dll), menampilkan persentasi, dan juga menampilkan baterai bar (garis warna memanjang di atas status bar)
  • Clock Setting, di setting ini user bisa memindahkan posisi jam ke tengah, menyembunyikan jam, menunjukkan tanggal, hari, AM/PM, bahkan bisa menge-set aplikasi apa yang muncul jika menekan Jam.
  • Data Traffic Monitor, menampilkan lalulintas download dan upload baik lewat jaringan data ataupun wifi di status bar, lokasi bisa di kiri, kanan, tengah, gaya tampilan juga ada pilihannya (standar, omni).
  • Progress Bar, Menunjukkan Progress dari proses download, bluetooth dan lainnya di bagian status bar.
  • Bluetooth Icon Visibility, menunjukkan bluetooth icon
  • Ongoing Notification Blocker, user diberi pilihan untuk memblok notifikasi dari aplikasi apa saja yang kadang mengganggu dan sering muncul di status bar.
  • Enable Brightness Control, fitur keren satu ini jika diaktifkan user bisa mencerahkan/meredupkan layar hanya dengan menggeser bagian status bar kapanpun dimanapun.
  • Disable Peek, tidak akan mengekspan status bar dalam sekali sentuh
  • Double-Tab to Sleep, fitur keren juga nih gansis dimana memungkinkan menidurkan HP dengan mengetuk status bar sebanyak dua kali.

3. Navigation Bar Tweaks
Untuk android yang mempunyai tombol di bawah layar (ada tombol touchnya/hardware) bisa mencoba memakai ini untuk memunculkan Navigation bar tepat di bagian paling bawah layar. Setelah mengaktifkannya banyak pilihan yang bisa digunakan, mulai dari ukuran seberapa tinggi, mengganti warna, menggunakan icon yang besar dan banyak lagi lainnya.

4. Pie Controls
Pie Controls merupakan fitur dari salah satu ROM terkenal yaitu Paranoid Android. Dengan ini user tidak perlu ROM tersebut untuk  menggunakan Pie Controls. Silahkan aktifkan dan pilih bagian mana dari layar yang akan memunculkan si Pie ini.

5. Power Tweaks
Dengan mengaktifkan fitur Power tweaks user bisa menambahkan pilihan lain ketika menekan tombol power lama misal Reboot (normal, Recovery, Boatloader), pilihan untuk mengambil screenshot.
Fitur lainnya terkait dengan merubah nada low baterai, baterai full, charger, bahkan warna LED notifikasi juga ada.

6. Display Tweaks
Tweaks ini tentang memodif tampilan, mulai dari ekspansi mode, setting Brightness, rotasi, button backlight dan lainnya.


7. Phone Tweaks
Untuk Phone Tweaks sendiri mengatur tentang banyak hal, user bisa mengeset ketika ada panggilan masuk dan membalik posisi HP ada pilihan (mematikan nada, menolak panggilan atau do nothing), Pengaturan getar juga ada, tampilan foto panggilan bisa diset fullscreen, menunjukkan dialpad langsung dll.

8. Media Tweaks
Tweak ini berhubungan langsung dengan Media yang sedang gansis mainkan, dengan ini user bisa mengganti lagu dengan menekan tombol volume lama dan masih banyak fitur yang berhubungan dengan volume dan nada lainnya, silahkan bisa dieksplore lebih jauh.

9.Launcher Tweaks
Berhubungan dengan Launcher, mulai dari mengatur berapa jumlah baris dan kolom bahkan merize widget sesaui selera.

10. Navigation Keys Actions
Dengan tweak ini user bisa mengatur lebih jauh lagi fungsi dari Navigation key (Menu, Home, Back Key, Recents Key, Volume Key juga ikutan). User bisa mengatur tindakan apa saja bila menekan tombol tadi sekali, dua kali, lama, atau cepat)


11. Application Launcher
Fitur berguna lainnya yang selalu BellGadget pakai yaitu Application Launcher. Dengan mengaktifkan tweak ini user bisa membuat shortcut sampai 12 aplikasi. Dimana tombol shortcutnya bisa diakses di navigation bar, semakin memudahkan dalam bermultitasking.

12. Screen Recording
Sesuai namanya tweak ini berfungsi untuk merekam segala sesuatu yang berjalan di layar, pengaturannya lumayan lengkap mulai dari ukuran video, bitrate, batasan waktu serta rotasi layar.

13. Miscellaneous Tweaks
Menurut kamus arti dari Miscellaneous adalah bermacam-macam, jadi tweak-tweak yang tidak masuk kategori di atas dikumpulkan jadi satu disini. Banyak sekali tweak berguna yang selalu BellGadget pakai antara lain:
  • Recents Panel, memungkinkan user mengedit Recent Panel (aplikasi yang sedang berjalan) bisa menambahkan tombol Clear all (berguna banget), Menampilkan Ram yang terpakai dan mengatur letaknya.
  • Headset Actions, berguna jika user mencolokkan headset maka bisa diset aplikasi apa yang akan berjalan langsung, begitu juga sebaliknya.
  • Pengaturan lainnya, ada pengaturan prioritas wifi, mematikan fullscreen keyboard, mematikan senter secara otomatis dalam rentang waktu berapa lama dll.

Demikian tadi 13 tweaks gansis yang masing-masing di dalamnya terdapat pilihan yang bejibun siap mengurungkan niatan untuk berganti ROM dan stay di StockRom yang lebih stabil. Sebuah aplikasi yang benar-benar disebut All-In-One Tweak Box atau mbahnya Modul Xposed.
Semoga berguna dan selamat mencoba

Silahkan Kunjungi Thread Resminya untuk Mendownload dan berdikusi langsung dengan si developer DI SINI

No comments:

Post a Comment