Monday, April 25, 2016

Memasang Xposed Framework di Android Marshmallow

BellGadget- Membahas tentang memodifikasi android memang tidak ada matinya gansis, istilah oprek mengoprek menjadi hal lumrah yang dilakukan user android. Memang OS satu ini memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk bereksplorasi, menjadikan android sesuai dengan keinginan user. Hal ini juga yang membuat Android menjadi rajanya Operating System Smartphone. Salah satu tool modifikasi yang BellGadget terapkan pada HP kesayangan adalah dengan memasang Xposed Framework. Dengan tool ini memungkinkan segala modifikasi bisa dilakukan di Hp tanpa perlu mengganti ROM.


Sebelum membahas lebih lanjut tentang pemasangan Xposed ada baiknya gansis berkenalan dengan Xposed terlebih dahulu.
Apa itu Xposed Framework? Xposed adalah aplikasi buatan suhu rovo89 dari padepokan XDA Developer dimana fungsinya sebagai wadah/tempat yang memungkinkan user untuk memodifikasi (wajib ROOT) Android dengan memasang aplikasi-aplikasi pendukungnya yang disebut Modul. Mudahnya BellGagdet menganalogikannya sebagai berikut, Android itu adalah rumah sedangkan Xposed seperti Kamar kita sendiri yang bebas dipasang berbagai fasilitas (modul), dicat sesuka hati, ditempel poster band favorit dan lain-lain dengan tujuan supaya agar penghuni kamar nyaman. Bagaimana gansis tertarik untuk memasangnya? Silahkan lanjutkan membaca postingan berikut ini.

Seiring dengan rilisnya Android Marshmallow suhu rovo89 juga mengupdate tool satu ini dan membuatnya berjalan dengan lancar di Marshmallow. Beruntung BellGadget bisa menikmati karya developer satu ini dan memang sesuai klaimnya untuk versi MM yaitu XposedInstaller_3.0-alpha4 lanjar jaya di HP.
Bagi gansis yang Androidnya sudah dapat upgrade Marshmallow dan ingin mencoba tool berguna ini, berikut adalah tutorial pemasangannya.
Note : suhu rovo89 menulis bahwa Xposed (versi awal) Bootloops di Samsung stock ROMs tapi kalau gansis ingin mencoba silahkan saja utamakan Backup Rom dulu.
Seperti biasa ada syarat yang harus dipenuhi sebelum mengaplikasikannya, antara lain:
1. HP sudah dalam kondisi Root dan terpasang custom Recovery (TWRP, CWM dll)
2. Selalu dan selalu lakukan Backup untuk jaga-jaga
3. Siapkan bahan pertama (berisi Apk) XposedInstaller_3.0-alpha4 DI SINI
4. Siapkan bahan kedua (berisi framework) DI SINI Ada 4 file (SDK21,SDK22, SDK23 & Uninstaller) :

  • pilih SDK21 (pilih yang sesuai spek) jika memakai Android 5.0 (Lollipop),
  • pilih SDK22 (pilih yang sesuai spek) jika Android 5.1 (juga Lollipop)
  • pilih SDK23 (pilih yang sesuai spek) jika Android 6.0 (Marshmallow)
  • Uninstaller (pilih yang sesuai spek) untuk menghapus instalan

Jika syarat-syarat dan bahan-bahan di atas sudah siap semua, silahkan lanjutkan untuk mengolahnya.
Instal apk XposedInstaller_3.0-alpha4 seperti biasa, nanti akan muncul icon aplikasi ini di drawer. Xposed belum bisa digunakan karena Frameworknya belum terinstal. Berikutnya restart HP dan masuk ke Recovery Mode, pilih instal dan arahkan kebahan kedua Framework. BellGadget memilih yang SDK23 yang ARM sesuai dengan versi androidnya. Jika sudah proses instalasi selesai silahkan restart HP. Selesai


Di drawer akan muncul icon Xposed silahkan dijalankan aplikasinya. Cara menggunakannya gimana? Modif/opreknya kapan? Di atas sudah disinggung bahwa Xposed cuma wadah yang menampung Modul. Silahkan pilih download, disitu ada banyak pilihan modul dengan fungsi yang menakjubkan sesuaikan dengan yang diinginkan. Setiap penerapan modul biasanya memerlukan proses restart jadi biasakan dengan aktifitas yang satu ini ya gansis.
Selamat Xposed Firmware sudah terpasang silahkan bertualang dengan dunia Modul.

Berikut Modul-modul rekomendasi BellGadget:
Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Silahkan kunjungi ke thread aslinya DI SINI bila ingin berdiskusi langsung dengan developernya

Tambahan:
Build yang terbaru, berikut changelognya
Version 83:
  • Fixed some bootloops/crashing apps. At least some Nexus devices seem to be affected, but it might help on other devices as well
  • 6.0 only: Fixed crashing apps and optimizing on every reboot on various HTC devices

1 comment: