Wednesday, April 6, 2016

MEMBUAT EFEK TINTED DI STATUS BAR ANDROID DENGAN MUDAH

BellGadget- Dibeberapa artikel terakhir BelGadget sering membahas tentang meMake-Up penampilan Android, hal satu ini memang menyenangkan untuk dilakukan di HP kesayangan.  
BelGadget mencoba sharing (seperti biasa berdasar pengalaman pribadi) cara merombak penampilan Android gansis semua. Penampilan yang coba BelGadget singgung disini masih berkutat dengan mempercantik Status Bar dan Navigation Bar (baca juga cara merubah icon status bar dan bikin blur status bar panel). Kali ini tentang membuat efek Tinted di Status Bar dan Navigation Bar (untuk HP tanpa tombol fisik/touch di bawah layarnya).
Sebelah Kiri (sebelum), yang Kanan (sesudah)

Apa itu Tinted? Tinted efek adalah efek dimana warna background Status Bar dan Navigation Bar di  HP gansis menyesuaikan dengan warna Background dari aplikasi yang sedang gansis pakai. Jadi tidak akan lagi ditemui bar berwarna hitam di bagian atas dan bawah yang mana menurut BelGadget membuat ukuran layar terlihat terpotong. Fitur ini pertama kali dikenalkan di android Kitkat, itu saja tidak berlaku di semua aplikasi. Bahkan di Marshmallow saja belum semua aplikasi berjalan beriringan dengan efek Tinted. 

Untuk mensiasati hal tersebut dan membuat efek Tinted bisa berjalan disemua aplikasi yang dijalankan BelGadget memanfaatkan aplikasi modul Xposed yang terlahir dengan nama Flat Style Colored Bars buatan agan Igor A. Bocharov. 
Bagi gansis yang ingin merasakan efek Tinted silahkan lanjut membaca sambil bikin kopi biar relax.
Berlu diingat bahwa aplikasi Flat Style Colored Bars ini memerlukan Xposed Firmware untuk bisa berfungsi dan melaksanakan kewajibannya :D. agan Igor juga ngingetin bahwa aplikasinya berjalan di android versi 4.3 ke atas, yang masih di bawahnya silahkan upgrade dulu.
Berikut BC tuliskan mahar apa saja yang diwajibkan untuk meminang aplikasi ini, yaitu :
1. HP sudah dalam kondisi root.
2. Sudah terinstal aplikasi Xposed Firmware.
3. Aplikasi Flat Style Colored Bars itu sendiri. Bisa gansis download langsung via Xposed atau mampir ke pasar Google Play (di sini) free lagi
4. Kebulatan tekad dan rasa percaya diri yang tinggi :D

Setelah syarat-syarat di atas terpenuhi monggo langsung saja gansis instal nih apk.
Seperti aplikasi berbasis modul lainnya, akan muncul notifikasi dari Xposed untuk menyuruh mencentang modul yang terinstal dan merestart HP (ikutin aja gansis memang itu prosedurnya .
Setelah HP kembali hidup, cari aplikasinya dan jalankan. Silahkan gansis explore sendiri fitur yang ada di dalamnya. Coba jalankan aplikasi lain, disini BelGadget membuka aplikasi Phone (ini yang buat nelpon) dan perhatikan perbedaannya. Belum terlihat bedanya? Cek lagi deh bagian atas (status bar) dan bawah (navigation bar) Beda?

Jika tidak ada lagi bar berwarna hitam itu tandanya aplikasi ini berjalan sempurna. Warnanya menyesuaikan aplikasi yang berjalan di belakangnya, jadi layar HP terlihat lebih besar karena tidak ada yang terpotong.
Kerennya lagi, misal kita sedang memakai aplikasi browser (UCweb, Chrome, Opera dll) dan menggulirkan layar ke bawah, maka warna background status bar akan berubah langsung mengikutinya.
Gimana gansis tertarik untuk mencobanya? Silahkan saja download aplikasinya gratis tis.
Terimakasih buat agan Igor yang membuat ini jadi nyata

2 comments:

  1. Gan bantu saya untuk root asus zenfone 5 lite dong .. os kitkat klo bsa tanpa pc .. klo bsa bntu saya via wa .. 089612760296

    ReplyDelete
  2. adanya yang pakai PC mas Chenoel.. coba lihat disini http://www.pojoktekno.com/root/cara-mudah-root-asus-zenfone-5-lite-a502cg/

    ReplyDelete