Wednesday, April 6, 2016

MERUBAH TAMPILAN STATUS BAR & NAVIGATION BAR DENGAN MUDAH


BellGadget- Selaku user Android, BellGadget  ingin sharing tentang “perbuatan” apa saja yang sudah lakukan di HP kesayangan. Kali ini tentang cara me Make-Up android, yaitu merubah tampilan Status Bar dan Navigation Bar. Sedikit menyinggung tentang Status Bar di android, bagian ini ada di bagian layar paling atas berisi icon-icon (sinyal, baterai, bluetooth, wifi, alarm, etc) dan jika ditarik kebawah akan muncul toggle dan laman notifikasi. Sedangkan Navigation Bar ada di bagian layar paling bawah, bagian ini difungsikan sebagai pengganti tombol fisik di HP (Home, Back, Search/Recent). Untuk mengejar keminimalisan desain akhir tombol fisik / Touch, akhirnya disatukan dengan layarnya langsung dan lahirlah Navigation Bar. Memang beberapa Brand masih menerapkan cara awal didesain HPnya seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi dll.
Kembali ke topik bahasan awal yaitu tentang merubah tampilan Status Bar dan Navigation Bar dengan mudah. Aplikasi yang BellGadget  gunakan adalah Xstana. Aplikasi buatan LF.PRODEF ini sendiri tidak seperti apk biasa yang tinggal klik dan instal. Xstana merupakan modul yang berjalan di Xposed Instaler, gansis memerlukan Xposed Instaler tadi agar Xstana bisa bekerja. Silahkan bisa googling tentang Xposed karena beda versi android beda apknya.
Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi jika ingin memasang Xstana:
1. HP sudah dalam kondisi root
2. Sudah terpasang Xposed Instaler
3. Download aplikasi Xstana (free), silahkan bisa cari versi yang Prime tentunya dengan fitur lebih banyak

Setelah syarat di atas sudah di mahari, langsung saja gansis ke cara pengaplikasiannya. Cara menginstalnya sama seperti memasang aplikasi biasa klik ketemuan bayar :D, sorry Klik tunggu dan voila!.
Setelah Xstana terpasang akan ada notifikasi dari Xposed untuk mencentang Xstana di dalam list modul, kemudian restart (silahkan tunggu sambil menikmati kopi hangat diiringi lagu favorit juga boleh).
Proses restart selesai, langsung cari icon Xstana dan klik. Akan kita lihat berbagai pilihan jenis Status Bar dan Navigation Bar yang tersedia, gulirkan layar ke kiri dan kanan untuk memilih. Pilih yang sesuai dengan kepribadian gansis then tekan tanda centang selesai. Langkah terakhir sekaligus untuk melihat perubahannya yaitu dengan Restart HP gansis (jangan bosan dengan aktivitas satu ini, tetap dengan nyeruput Kopi dulu).
Voila Android sudah berubah dan tetap 
Note:
Icon baterai di Status Bar HP BellGadget  tidak mengalami perubahan, sementara icon lainnya berubah sesuai harapan. Entah apa penyebabnya apakah harus ganti ROM dulu (BellGadget memakai StockRom Marshmallow).
Jika harus mengedit Framework dan menyentuh SystemUi angkat tangan dah, sudah di luar kemampuan. BellGadget  hanya penikmat aplikasi saja. But overall puas dengan aplikasi ini...
Salut buat LF.PRODEF yang sudah membuat ini jadi mungkin.

No comments:

Post a Comment